Thursday, April 3, 2014

Mattel Youth Activation Summit

24 November 2013
Mattel Youth Activation Summit at Mattel House, Cikarang

Youth Activation SOIna menyelenggarakan Youth Summit di Mattel House, Cikarang. Setelah mengunjungi 5 sekolah dalam rangka R-word Campaign, serta menjaring 5 siswa potensial dari tiap sekolah. 25 siswa yang telah terpilih tersebut hadir dan bertemu satu sama lain dalam Youth Summit kali ini. Selain itu, mereka juga dipasangkan dengan atlet Tunagrahita SOIna dan menghabiskan waktu seharian bermain dan bersenang-senang bersama. Tujuannya ialah untuk menyatukan hubungan antara Atlet dan Partner serta mengajarkan kepada para Youth bahwa bermain dengan teman-teman Tunagrahita mengasyikkan tidak serta pandangan orang pada umumnya.
Pada pagi hari, kami berkumpul di Velodrome Rawamangun. Disana kami mengadakan briefing serta pembagian pasangan atlet dan partner. Setelah itu, kami mengunjungi Dunkin Donuts untuk sarapan pagi serta meraih public awareness. Setelah bersantai sejenak menghabiskan sarapan pagi sekaligus berkenalan dengan pasangan masing-masing, barulah kami memasuki bus masing-masing dan bersiap meluncur ke Mattel House Cikarang.


Sesampainya di Mattel, kami memasuki aula serbaguna tempat Summit berlangsung dengan tertib. Sebelum memulai acara, kami mengikuti ice-break yang bertujuan untuk saling mengenal satu sama lain. Setelah berkenalan dengan teman-teman dari sekolah yang lain, kami pun bersiap untuk dimulainya acara.

Acara dimulai dengan laporan yang disampaikan oleh Farhan selaku Duta Youth Leader SOIna. Dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh ibu Pudji selaku Ketua Umum SOIna. Setelah itu, peserta Summit bersiap untuk bermain Unified Sport. 3 cabang yang akan dipertandingkan pada Unified Sport kali ini adalah Sepakbola, Bola Basket dan Bocce.


Setelah bersenang-senang bersama dalam Unified Sport, seluruh peserta diberikan penghargaan berupa medali kemenangan karena semua peserta adalah pemenang. Pengalungan medali pun dilakukan oleh ibu Pudji dan pak Sri Mulyono.

Setelah lelah dalam Unified Sport, peserta beristirahat serta menyantap makan siang bersama di aula. Setelah mengisi tenaga kembali, peserta bersiap memulai kembali acara. Namun sebelum dimulainya acara, peserta melakukan fun games serta menari bersama. 


Acara pun kembali dimulai dengan membagi peserta kedalam kelompok dan memberi tugas kelompok. Setiap kelompok bertugas menghias raket kayu dan kertas bergambar orang-orangan sedemikian rupa dengan menggunakan prinsip-prinsip dalam SOIna. Selain itu, peserta juga diminta untuk membuat gelang manik-manik bersama teman-teman dari Sahabat Anak.

Selama satu jam peserta bekerja sama membuat hiasan raket, orang-orangan serta manik-manik. Setelah itu, setiap kelompok mempresentasikan hasil karya mereka didepan seluruh peserta. Satu orang yang ditunjuk dalam kelompok menjadi pembicara dalam presentasi kelompok tersebut.


Setelah semua kelompok maju, para juri harus memutuskan siapa yang terbaik dalam presentasi tersebut. Menunggu keputusan para juri, Farhan dan Ono berbagi cerita pengalaman mereka setelah mengikuti GYAS 2013 di Korea. Ono dan Farhan memberi semangat kepada peserta untuk berlomba menjadi perwakilan Indonesia di ajang GYAS 2015 di Los Angeles. Namun, tujuan akhir Youth Leader bukanlah sebuah acara 12 hari GYAS, melainkan tersebarnya pesan untuk Menghormati warga Tunagrahita.


Pemenang pun diumumkan, sekaligus menjadi penutup dalam kegiatan Mattel Youth Activation Summit. Seluruh peserta berfoto terlebih dahulu sebelum meninggalkan Mattel. Akhirnya, seluruh peserta berpamitan dengan para Volunteer dari Mattel dan menaiki bus masing-masing untuk kembali ke Velodrome. Sampai jumpa teman-teman semua, sampai bertemu kembali di kegiatan Youth Activation selanjutnya. Salam Youth Leader!!! SOIna... JAYA!!! SOIna... JAYA!!! Youth Leader... LUAR BIASA!!!


No comments:

Post a Comment